TUBUH DAN KATA TERUS LAHIR DI RUANG YG TAK PERNAH SEBELUMNYA TERPIKIRKAN OLEH AKTOR. AKTOR MENJADI SEBUAH PERLAWANAN PADA APA YG DISEBUT PROSES. PROSES ADALAH SEBUAH MEDITASI DARI TUBUH DAN KATA ITU SENDIRI. HASIL AKHIR AKTOR PADA TUBUH DAN KATA ADALAH BUKAN PADA PERMAINAN YG DI SAKSIKAN OLEH PENONTONNYA, TETAPI PADA SAAT DIALOG ANTARA DIRINYA DENGAN PROSES SEHINGGA PENEMUAN BARU PADA TUBUH DAN KATA ADALAH HASIL AKHIR ITU SENDIRI.
TUBUH DI BENTURKAN PADA RUANG-RUANG ASING, KATA-KATA DI LONTARKAN PADA RUANG PIKIRAN PENONTON, AKHIRNYA AKTOR MEMBUAT PERISTIWA PADA RUANG BARU YG DI TEMUKAN PADA WAKTU PROSES.
SETELAH SEMUA DIAM, AKTOR MENJADI KOSONG DAN KEMBALI HARUS MASUK PADA RUANG PROSES ASINGNYA KEMBALI, SEBAB RUANG-RUANG BARU HARUS TERUS DI TEMUKAN. MALAM DAN DIAM ADALAH RENTANG WAKTU YG SELALU DI MASUKIN OLEH AKTOR.
TUBUH DAN KATA MENJADI SELALU BARU, SETELAH PANGGUNG HILANG, AKTOR MENJADI KOSONG.
SELAMAT DAN SUKSES UNTUK KEMATANGAN MONOLOGNYA, BOSAN ADALAH KATA YG HARUS KITA KUBUR DALAM-DALAM OLEH AKTOR.
TONY BROER, BANDUNG.
AKTOR TUBUH / 3 / 4 / 2010 / SABTU

Tidak ada komentar:
Posting Komentar